Blog

Mengenal Jenis-Jenis Konstruksi Yang Ada Di Indonesia

Saat berbicara tentang konstruksi bagi masyarakat awam, maka jenis – jenis konstruksi yang ada di Indonesia sudah pasti menjadi salah satu topik paling umum yang harus dibahas. Konstruksi tidak terlepas dari serangkaian proses panjang mulai dari perencanaan, perancangan, pengadaan atau pelelangan, hingga tahap pelaksanaan. Dengan banyaknya proses, klien tidak bisa sembarangan memilih jasa kontraktor karena masing – masing pembangunan membutuhkan keahlian dan spesialisasi tersendiri. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis – jenis konstruksi yang dikategorikan berdasarkan objeknya. Mari kita simak satu persatu. 

Konstruksi Gedung

Sesuai dengan namanya, konstruksi gedung adalah jenis pembangunan untuk gedung baik gedung pemerintahan, perkantoran, rekreasi, museum, monumen, dan lain sebagainya. Biasanya konstruksi jenis ini melibatkan insinyur sipil. Desain dan teknik arsitektur untuk pembangunan gedung juga sangat diperhatikan baik itu bersifat eksterior maupun interior. 

Konstruksi Jalan

Pembangunan jalan juga menjadi salah satu jenis konstruksi di Indonesia dan dunia. Konstruksi jalan juga bukan main – main karena melibatkan banyak variabel seperti jenis tanah, panjang, dan elemen lainnya. Tingkat kesulitan mulai timbul untuk pembuatan jalan dengan area menantang seperti pegunungan, bukit, laut, atau jalan penghubung dua pulau berdekatan atau sungai. Pembangunan jalan juga erat kaitannya dengan kontruksi jembatan karena merupakan bagiannya.

Pembangunan jalan juga erat kaitannya dengan konstruksi jembatan karena merupakan bagiannya. Biasanya proyek pembangunan jalan banyak melibatkan aparatur negara seperti kementerian pekerjaan umum. Proses yang dikerjakan biasanya terdiri dari penggalian, pengurugan, pengerasan jalan, hingga jembatan.

Konstruksi Industri

Konstruksi industri menjadi salah satu kategori industri paling berat karena membutuhkan teknik tingkat tinggi. Jenis konstruksi industri diperuntukkan untuk pembangunan sarana – sarana industri, misalnya pabrik atau manufaktur. Konstruksi seperti ini perlu mempertimbangkan banyak hal mulai dari keamanan pekerja, efektivitas gedung, dan masih banyak lagi.

Konstruksi Berat

Mirip dengan jenis konstruksi jalan, konstruksi berat erat kaitannya dengan proyek – proyek pembangunan dari pemerintah seperti pembangunan bendungan, pembangkit listrik, pipa besar, dan masih banyak lagi. Konstruksi berat diperuntukkan untuk pembangunan sarana dan prasarana yang sifatnya skala besar. Selain ketelitian, proyek ini juga harus mempertimbangan wilayah sekitar. Terutama untuk pembangunan seperti bendungan. Beberapa konstruksi berat juga banyak dibedakan menjadi konstruksi jalan maupun konstruksi bangunan air. 

Pernahkah kamu melihat
jenis-jenis konstruksi tersebut?

4786.png

Untuk kategori konstruksi berat seperti pembangunan bendungan, mungkin tidak banyak orang yang bisa melihatnya. Namun, untuk pembangunan jalan biasanya hampir di setiap tempat pernah kita saksikan. Mulai dari yang paling sederhana seperti penggalian kabel atau pembangunan jembatan.

Tidak seperti konstruksi gedung, jenis konstruksi seperti jalan dan jembatan memiliki tantangan yang berbeda. Pembangunan jembatan terkadang harus melewati jurang, sungai, atau danau. Pembangunan jalan, terkadang juga harus melalui lika – liku gunung dan membutuhkan rencana awal yang matang.

Hubungi Kami, Sekarang Juga!

Jl. Kalisari Raya No. 41A RT 006 RW 002 Kalisari Pasar Rebo Jakarta Timur Indonesia 13790
Phone: +62(21) 2984 2503 Email: admin@drsinergi.co.id
Website: www.drsinergi.co.id

©2021. Dwi Raksa Energi. All Rights Reserved.