Blog

Jenis dan Tips Memilih Paving Block Terbaik

Jenis dan Tips Memilih Paving Block Terbaik

Paving Block adalah sejenis bata yang digunakan untuk menutupi permukaan yang keras dan menghasilkan desain yang bagus. Penggunaan Paving Block banyak kita temukan di bangunan – bangunan umum dan kini seringkali digunakan oleh perumahan milik pribadi. Paving block memberikan kesan permukaan yang rapi dan tertata plus bisa memberikan desain yang bagus. 

Penggunaan Paving Block juga tidak menghalangi arus balik air hujan ke tanah karena masih bisa masuk melalui sela – sela Paving Block, berbeda jika kita menggunakan polesan semen biasa. Tentu saja hal ini tergantung bagaimana implementasi Paving Block itu sendiri. Apa saja jenis Paving Block yang harus kita ketahui dan bagaimana cara memilih yang terbaik? 

Model Cacing

Bata ini sering kita temui sehari – hari. Bentuknya persegi panjang dan bagian sisi – sisinya melekuk menyerupai cacing. Model cacing termasuk Paving Block yang mudah untuk dipasang. Selain itu, bentuknya juga bagus dan tidak biasa.

Model Rumput

Model ini sedikit unik karena memiliki bolongan di bagian tengahnya. Pemasangannya juga cukup sulit karena ukurannya lebih besar ketimbang yang lain. Model Paving Block rumput tidak direkomendasikan untuk perumahan pribadi apalagi memiliki anak. Karena lubang – lubang yang ada bisa membuat anak gampang terjatuh.

Tetapi model ini juga sangat menarik untuk bangunan umum apalagi jika dihiasi dengan tanaman di sela – selanya. Selain itu juga lebih mudah membuat air hujan terserap ke tanah. 

Model Bata

Paving block yang paling umum adalah model bata. Sesuai dengan namanya, bentuknya memang seperti batu bata. Berbentuk lurus dan panjang. Paving Block ini paling mudah untuk disusun. Biasanya penggunaan paving block bata dibuat warna – warni agar lebih menarik atau untuk menandakan area – area tertentu. 

Hexagon

Masih sama dengan model bata, paving block ini juga sangat mudah untuk dipasang. Bentuknya juga tidak aneh dan sering dikombinasikan dalam berbagai warna. 

Selain model – model diatas, masih ada model uskup yang berbentuk seperti segitiga. Bentuk ini kurang biasa dan kemungkinan digabungkan dengan pemakaian paving block yang lain. Ada juga model antik dan trihex yang hampir mirip dengan hexagon.

Lalu bagaimana memilih paving block terbaik?

Cek lahan yang akan dipasangi Paving Block

Sesuaikan jenis Paving Block dengan luas, bentuk, dan kondisi lahan

Pertimbangkan tingkat kesulitan pemasangan paving block pada lahan

Pilih kualitas terbaik dengan harga terjangkau

Rekomendasi untuk langsung ke toko material ketimbang dari toko online

Pemasangan Paving Block sebenarnya sangat mudah. Namun hal ini juga bergantung pada kondisi lahan. Jika lahan naik turun, pemasangan paving block juga bisa mengalami kesulitan. Luas lahan dan pembagian areanya juga bisa mempengaruhi jenis lahan yang bisa digunakan.

Hubungi Kami, Sekarang Juga!

Jl. Kalisari Raya No. 41A RT 006 RW 002 Kalisari Pasar Rebo Jakarta Timur Indonesia 13790
Phone: +62(21) 2984 2503 Email: admin@drsinergi.co.id
Website: www.drsinergi.co.id

©2021. Dwi Raksa Energi. All Rights Reserved.